Bunga Torenia Bisa Dimakan

Bunga Torenia Bisa Dimakan.


KOMPAS.com –
Apa beliau relasi melihat bunga cantik aneka warna dan bentuk jadi episode dalam piring makananmu?

Penggunaan rente nan bisa dimakan atau
edible flower
intern dunia kuliner mutakadim lama dilakukan.

Baca juga: Musim Bunga di Jepang, Kedai Teh Berusia 188 Tahun Hadirkan Parfait Hortensia

Selain cak bagi menambah estetika pada sajian, penggunaan edible flower sekali lagi bisa memberikan rasa pelengkap nan berbeda.

Felia Kharissa adalah Founder Harvest Mountain Organic Farm. Sebuah tipar yang memproduksi aneka
edible flower
dan produk lainnya secara organik. Kebun ini berlokasi di Cisarua, Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Dalam kilap ACP Educational Webinar Series From Farm to Table: Organic Edible Flower, Kamis (27/8/2020), Felia yang dekat disapa Icha menguraikan beberapa jenis edible flower yang ia tanam di kebunnya. Contoh dengan budi rasa dan penggunaannya pada sajian ki gua garba dan minuman.


Shutterstock/OksanaBgn
Ilustrasi rente geranium pelargonium yang bisa diolah jadi aneka sajian

1. Geranium (geranium pelargonium)

Anakan ini ada nan bercat merah mulai dewasa, peach, dan merah. Paling cocok digunakan untuk perut manis sama dengan sorbet, es krim, dan aneka
dessert
tidak.

“Rasa dan aromanya lembut serta heterogen. Sedikit rasa mawar, lemon, dan pala. Beliau rasanya sangat subtil. Jangan mengonsumsi batangnya, artinya yang dapat dikonsumsi adalah bunganya cuma,” jelas Icha.

2. Borage (borago officinalis)

Bunga ini mempunyai senyawa rasa antara mint dan ketimun. Kadang sekali lagi disebut star flower karena bentuknya menyerupai bintang. Sekadar rasanya tekor berbeda dengan spesies edyptian star flower yang lebih
grassy.

Borage bertambah cocok digunakan untuk sintesis saji gurih khususnya hidangan laut. Bunga ini ada nan berwarna sensasional dan ada juga yang bercat merah jambu.

ilustrasi salad dengan bunga nasturtium dan borage
Shutterstock/Geo-ilmu cetak-mencetak
ilustrasi salad dengan rente nasturtium dan borage

3. Nasturtium (tropafolum majus)

Bunga ini punya bentuk daun yang tebak tersendiri, yakni berbentuk melingkar. Selain bunganya, beliau juga bisa memakan daunnya karena memiliki rasa nan sekufu.

“Jadi rasanya sedikit pedas lada. Ini sering digunakan seumpama garnish, di-stir fry, dimasak bersama pasta, maupun memuati bunganya dengan keju dan herbs lakukan dipanggang,” cahaya Icha.

Baca :   Pengobatan Angga Praja Buana Situbondo

“Beberapa chef mencampurkannya dengan minyak tumbuhan dan mewujudkan nasturtium infused oil. Suka-suka sekali lagi yang membentuk pesto dari daunnya,” sambung sira.

Ilustrasi minuman yang dibuat dari campuran bunga telang atau butterfly pea
Shutterstock/Junjira Limcharoen
Ilustrasi minuman yang dibuat dari senyawa bunga telang atau butterfly pea

4. Butterfly blue pea (clitoria ternatea)

Kamu mungkin mengenal rente ini dengan sebutan bunga telang. Rente berwarna biru ini seringkali dijadikan pencelup alami bakal makanan dan minuman.

Jika dicuci atau dijalari air, warna birunya terlihat seakan luntur. Bunga ini tidak memiliki rasa tertentu, membidik tawar.

Sehingga cocok kerjakan disajikan sebagai hidangan manis atau masin. Seringkali dicampur jadi nasi lemak bercat spektakuler alias dikeringkan dan dijadikan teh.

Ilustrasi bunga snap dragon
Shutterstock/Lori Liesman
Ilustrasi anak uang snap ular besar

5. Snap dragon (anirrhinum majus)

Rasa dan aroma berpunca bunga snap ular besar ini tergantung plong kondisi lahan atau wahana tanam. Cocok digunakan seumpama garnish atau pun sebagai kombinasi internal
cheese platter.

Ilustrasi edible flower
Shutterstock/Malykalexa
Ilustrasi edible flower

6. Pansy (ciola x wittrockiana)

Bunga elok dengan aneka warna ini n kepunyaan rasa mirip dengan selada dan sedikit manis. dapat digunakan dalam berbagai hidangan baik manis ataupun lemak karena rasanya nan lumat.

Ilustrasi kue pernikahan yang didekorasi dengan bunga dahlia
Shutterstock/sebastiancaptures
Ilustrasi kue akad nikah nan didekorasi dengan rente dahlia

7. Dahlia pompone (dahlia pompon)

Rasa semenjak dahlia pompone ini berbagai ragam, bisa terasa seperti water chestnut, apel, hingga wortel.

Penggunaannya juga sepan laur, dari
appetizer
hingga
dessert
bahkan campuran minuman dan cocktail, serta untuk menyajak puding dan kue pernikahan.

“Dahlia itu ada yang kerdil dan ki akbar sekali. Sekiranya yang besar sekali kita gunakan petalnya belaka. Jikalau nan digunakan untuk wedding cake itu bisa digunakan seutuhnya,” introduksi Icha.

Dahlia juga dahulu cantik jika dibekukan menjadi es batu. Akrab semua edible flower memang cocok dijadikan es batu.

Cocok disajikan untuk acara cocktail. Selain menambah estetika lagi bisa membukit ketabahan
edible flower.

Ilustrasi bunga french marigold
Shutterstock/Real Moment
Ilustrasi bunga french marigold

Baca :   Cara Membuat Bunga Dari Sabun Mandi

8. French marigold (tagetes patula)

Tak sekadar bunganya saja, daun serta kuncupnya juga dapat dikonsumsi. Seringkali anak uang ini digunakan andai alternatif bagi makanan yang membutuhkan rasa serta aroma saffron karena memadai mirip.

Walaupun warnanya memang tidak terlalu merah menyerupai saffron. Anakan ini lebih selalu digunakan dalam peranakan masin, sup, dan salad.

9. Miniature roses

Ini adalah keseleo satu jenis mawar. Memiliki rasa mawar sreg umumnya dan jadi pilihan favorit untuk hiasan cake atau piring hidangan.

Miniature roses seia jika disajikan sebagai ice cream dan dessert lainnya. Bisa pula bintang sartan ceceran untuk salad. Selain itu juga dapat dibekukan bagaikan es batu dan disajikan umpama
cocktail.

Untuk mengonsumsinya, ia harus melepaskan bagian bawah kelopak yang bercelup putih karena rasanya pahit. Selain kaprikornus dessert dan minuman, kelopaknnya juga bisa diselesaikan jadi sirup, jelly, mentega mawar, atau roti.

Ilustrasi bunga dianthus barbatus yang bisa dimakan
Shutterstock/HHelene
Ilustrasi bunga dianthus barbatus yang dapat dimakan

10. Dianthus (dianthus barbatus)

Rasa bunga ini patut unik, yaitu lembut dengan sedikit rasa cengkeh. Namun banyak juga anakan jenis ini yang punya rasa tawar.

Karena rasanya nan cenderung objektif, anakan ini sekata untuk jadi penghias aneka peranakan seperti sup, gorengan, seafood, salad, punch bowl, dan aneka dessert.

11. Impatiens (impatiens walleriana)

“Mungkin seandainya di Indonesia kita kenal dengan jenama anakan pacar air. Seandainya yang ini kamu n kepunyaan garis kita lihat di kelopaknya di tengah ada garis putihnya,” ujar Icha.

Kelopak bunga ini memiliki rasa manis, sehingga cocok digunakan privat dessert dan perut manis lain. Boleh pun jadi campuran salad dan aneka minuman.

Paling baik jika digunakan sebagai
garnish
maupun dijadikan kelua dan permen.

Ilustrasi bunga begonia cucullata yang bisa dimakan
Shutterstock/KanphotoSS
Ilustrasi anakan begonia cucullata yang boleh dimakan

12. Begonia (begonia cucullata)

Bunga ini n kepunyaan rasa yang mirip seperti naik banding sehingga beberapa orang menyebutnya bak apple blossom flower.

Namun dalam mengonsumsinya teristiadat kehati-hatian dan jangan berlebihan. Pasalnya, bunga ini mengandung oxalic acid (asam oksalat) yang bisa menimbulkan masalah kesehatan sebagai halnya provokasi gjinjal dan berbagai jenis ngilu.

Baca :   Dian Piesesha Bunga Bunga Rindu

“Tapi itu seandainya dikonsumsi secara berlebihan ya. Takdirnya dikonsumsi tidak kerumahtanggaan jumlah banyak ya bunga ini sepan lega hati.”

13. Torenia (torenia fournieri)

Bunga torenia memiliki rona warni nan sinar sehingga bisa membuat tembolok apa pun terbantah kian kudus dan menarik.

Bunga ini seringkali digunakan bakal campuran salad, garnish, dan campuran makanan barang apa pun baik manis atau eco.

Ilustrasi bunga gomphrena yang bisa dimakan dan diolah jadi makanan atau minuman
Shutterstock/litchima
Ilustrasi anakan gomphrena nan bisa dimakan dan diselesaikan jadi tembolok atau minuman

14. Gomphrena (gomprena globosa)

Rente ini sepan mudah ditemukan di Indonesia. Rasanya minus manis dengan tekstur yang renyah serta memiliki wewangian bunga segar.

Tak itu namun, karena memiliki nafkah gizi C dan E yang tinggi, sering juga dikeringkan untuk dijadikan teh kecantikan karena dipercaya dapat memperlambat proses penuaan dan menghilangkan selerang yang terbantah lelah atau kusam.

Bunga ini juga mudah diolah jadi jelly ataupun puding karena teksturnya yang renyah dan agak gentur sehingga lain mudah kemungkus ketika diolah.

“Bagi yang cak hendak membentuk
edible flower
jadi puding maupun
jelly
bisa memperalat bunga gomphrena lalu cak bagi les.”

15. Egyptian star flowers (pentas lanceolata)

Berbeda dengan jenis borage tadi, rasanya invalid berbeda. Anak uang yang adv amat lembut ini punya rasa grassy, yakni adv minim bau tanah dan aroma rumput bugar. Strukturnya juga taksir renyah. Bisa digunakan untuk dempang semua jenis masakan.

Ilustrasi kelopak mawar yang dijadikan permen
Shutterstock/NADKI
Ilustrasi kelopak mawar yang dijadikan permen

16. Rose petal (rosa spp)

Anakan ini makara pelecok satu nan minimum populer untuk diolah kaprikornus kas dapur dan minuman. Kelopaknya bisa diolah kaprikornus sirup, selai, jeli, dibuat permen, panacotta alias ditabur doang untuk mempercantik makanan.

Dapatkan update
berita saringan
dan
breaking news
setiap tahun dari Kompas.com. Marilah bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih silam di ponsel.

Bunga Torenia Bisa Dimakan

Source: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/30/080800875/16-jenis-edible-flower-di-indonesia-bunga-yang-bisa-dimakan?page=all#:~:text=13.%20Torenia%20(torenia%20fournieri),pun%20baik%20manis%20atau%20gurih.

Check Also

Cara Mengobati Suami Yang Terkena Sihir

Cara Mengobati Suami Yang Terkena Sihir. Cara Mengobati Suami yang Terkena Sihir Pembenci alias Sihir …