Tanaman rias semakin tinggi popularitasnya di era pandemi. Menanam tanaman rias menjadi hobi baru bagi mereka nan bosan karena tak dapat pergi ke mana-mana karena harus lebih banyak di rumah. Tanaman hias sendiri dijual dengan beragam tiba dari jenisnya, warnanya, perawatannya, hingga harganya.

Keseleo satu yang populer adalah monstera dan jenisnya nan paling digemari adalah Adanson’s monstera alias lebih dikenal sebagai janda bolong. Tumbuhan satu ini bahkan mengejutkan banyak orang karena berakibat terjual seharga Rp100 miliun.

Karena itu, tentu perawatannya tak boleh main-main,
ya, Bela. Bikin kamu para pemula yang berminat memakamkan pohon satu ini, kamu juga harus adv pernah bagaimana cara merawatnya. Mulai berasal media tanam, penyiraman, perabukan, hingga peletakkannya. Berikut Popbela berikan tips dan cara merawat pokok kayu janda bolong cak bagi pemula.

1. Perhatikan lahan atau alat angkut tanamnya


instagram.com/poteydotcom

Sebelumnya, beliau harus tahu bahwa tanaman janda bolong merupakan tanaman merambat, buat itu memerlukan media tanam yang tepat. Tanah yang tepat akan membuatnya merecup subur, indah, dan kokoh.

Media tanam atau kapling yang tepat untuk tanaman janda bolong adalah tanah yang tidak padat.  Hal ini dilakukan agar akar janda bolong mudah tumbuh dan menyuplai oksigen. Tanahnya pun sebisa mungkin jangan tetapi lahan biasa tapi persil gambut dan perlit dengan proporsi 1:1.

Pilihlah jambangan yang bertembuk dan memiliki drainase besar lakukan menahan humiditas tanah tanpa harus membuat tanahnya terbenam air.

3. Serah serat setelah 6 bulan

8 Cara Merawat Tanaman Janda Bolong Untuk Pemula
instagram.com/skinkplants

Selain menjatah air, memberi cendawan juga diperlukan maka itu tanaman janda bolong. Anda dapat memberinya setelah 6 rembulan ditanam dalam media tanam laksana sumber nutrisinya. Pemberian pupuk biasanya dilakukan detik awal-awal penanaman (pupuk dasar) serta ketika tanaman sudah lalu semakin besar (pupuk lanjutan).

Dia bisa menggunakan serabut cair atau jamur kompos yang tersedia di flat. Dengan memberi pupuk, tanaman pun akan subur, sehat, dan bisa menangkal berbagai rupa spesies penyakit tanaman nan menuduh.

4. Beri jarak dan ruang kerjakan menjangkit

8 Cara Merawat Tanaman Janda Bolong Untuk Pemula
leafandpaw.com

Tanaman monstera suatu ini ialah tanamna menjalar, bikin itu berikan jarak dan ulas untuk merambat dengan baik. Tanaman janda bolong memiliki sifat hemifit alias sebagian epifit, yakni menumpang hidup kepada inangnya. Jadi berilah ruang lakukan dia boleh memanjat, ini akan merangsang pertumbuhan akar lega batangnya.

Kamu bisa letakkan jambangan berisi janda bolong di karib dinding atau tanaman agar bisa memanjat naik dengan panjang. Tanaman ini bahkan mampu tumbuh hingga mencapai keagungan 20 meter.

6. Perhatikan suhu sekitar

8 Cara Merawat Tanaman Janda Bolong Untuk Pemula
piantica.com

Kondisi suhu juga harus diperhatikan dalam merawat tanaman janda bolong. Semoga bersemi optimal, tanaman janda bolong bisa ditempatkan pada ruangan dengan guru 23-30 derajat celsius pada siang perian, dan minimal 15 derajat celsius lega malam hari.

7. Biarkan pohon berhujan-hujanan

8 Cara Merawat Tanaman Janda Bolong Untuk Pemula
instagram.com/plantproper

Janda bolong memang tidak menyukai banyak air, tapi jika itu air huja, biarkan mereka berhujan-hujanan. Air hujan punya vitamin yang baik misal serum alami yang bermanfaat untuk pertumbuhan janda bolong. Nutrisi tersebut akan memungkinkan pokok kayu ini memproduksi daun yunior.

8. Pindahkan ke pot baru momen tumbuh besar

8 Cara Merawat Tanaman Janda Bolong Untuk Pemula
instagram.com/arum_ocean

Seiring berjalannya waktu, pohon janda bolong akan semakin besar. Mereka pun harus pindah ke ‘rumah mentah’ alias pot mentah yang kian besar atau lebih pas untuk mereka. ini disebut juga dengan
repotting.

Tujuan dari repotting tersebut adalah kerjakan menerimakan ulas buat tanaman bikin merecup dengan optimal. Tapi, jangan berlebih sering memindahkannya,
ya, Bela, karena dapat mewujudkan tanaman menjadi stress alih-alih bertumbuh dengan baik.

Itulah 8 cara dan tips merawat tumbuhan janda bolong untuk pemula. Selamat mengepas!


Baca Pula: 7 Rekomendasi Penjual Tanaman Monstera Terbaik


Baca Lagi: 5 Penyebab Patera Monstera Matang dan Kaidah Mengatasinya


Baca Juga: 7 Keberagaman Monstera Berdaun Cantik yang Cocok Kaprikornus Penghias Rumahmu