Ciri Ciri Lidah Mertua

Sansevieria maupun indra perasa mertua
adalah salah satu tumbuhan yang mampu menyerap racun (polutan) berbahaya di peledak. Tanaman sansevieria maupun Sanseviera mampu main-main sebagai pembersih udara dengan menyerap dan menetralisir polutan (racun) dari udara.

Pokok kayu penyerap racun nan mempunyai rancangan khas dan mudah dikenali ini merupakan sebuah genus dengan nama Sansevieria yang terdiri atas sekitar 70 macam (jenis).

Selain dikenal dengan Sansevieria, pohon ini dikenal lagi dengan keunggulan sanseviera atau lidah jin. Nama tumbuhan ini dalam bahasa Inggris, selain dikenal dengan Sansevieria juga dinamai
snake plant,
mother-in-law´s tongue,
devil’s tongue,
jinn’s tongue, dan
bow string hemp.

Sansevieria trifasciata; riuk satu jenis sansevieria

Diskripsi Pokok kayu Sansevieria. Secara masyarakat sansevieria (lidah mertua) bisa dikelompokkan menjadi dua keberagaman. Jenis dengan daun singkat (sekeliling 8 cm) dan jenis dengan daun panjang (50-70 cm).

Sansevieria punya daun yang berwarna bermacam-macam, tiba bau kencur jompo, hijau muda, baru abu-abuk, fidah, dan warna kombinasi putih kuning atau plonco kuning. Motif galur atau garis-garis yang terdapat pada helai daun juga beraneka macam, ada yang mengajuk arah serat daun, tak beraturan, dan ada pula yang zig-zag.

Ciri sansevieria (sanseviera) secara umum lainnya memiliki rimpang, berdaun tebal, serta ujung daunnya jirus atau berduri. Bernas menyimpan air dalam jumlah yang banyak lega seluruh bagian tubuh. Mampu hidup di provinsi yang cengkar dan kering sekalipun.

Tipe tipe sansevieria bisa mencapai 70 spesies. Sampai-sampai jika tersurat jenis hibrida macamnya bisa mencapai dua barangkali lipat makin. Beberapa varietas sansevieria antara tak;
Sansevieria angustiflora , S. cylindrica, S. dawei, S. ehrenbergii, S. grandis, S. hyacinthoides, S. kirkii, S. metallica, S. trifasciata,
dan lain-bukan.

Baca :   Vas Bunga Dari Kayu Palet

Pokok kayu Penyerap Racun. Sansevieria alias lidah mertua merupakan pelecok satu pokok kayu istimewa lantaran mempunyai kemampuan ibarat penyerap racun (polutan) di udara. Berbagai variasi racun yang mampu diserap makanya Sansevieria antara bukan karbonmonoksida, nikotin, benzene, formaldehyde, trichloroethylene, sampai dioksin.

Berdasarkan pengkhususan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA;
National Aeronautics and Space Administration), sansevieria atau lidah mertua memiliki kemampuan menyerap hingga 107 jenis atom berbahaya (venom atau polutan). Riset lainnya menyimpulkan bahwa dengan 5 helai patera sansevieria dewasa mampu menyerap dan menjernihkan kolom seluas 100 m3 dari berbagai spesies polutan.

Fungsi Lain Lidah Mertua. Selain sebagai tumbuhan penyerap racun, Sansevieria alias sanseviera ternyata punya berbagai khasiat enggak. Manfaat itu antara lain seperti mana; akhir luka, antiseptik, obat hemoroid, ketumbuhan, cacing, kelainan mata dan telinga, dan juga umpama bahan minuman penyegar tubuh. Beberapa jenis sansevieria pula berkhasiat perumpamaan anti malaria, anticendawan, antikolesterol, setakat antikanker.

Menujum manfaat dan kemampuan sansevieria andai tanaman penyerap racun, keknya tanaman ini wajib ditanam terutama bagi yang terlampau di area perkotaan dengan tingkat polusi udara yang janjang. Lebih-lebih tanaman ini bisa lagi ditanam di pot dalam ruangan sekalipun.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Ordo: Asparagales; Famili: Asparagaceae; Genus:
Sansevieria.

Wacana dan bentuk:

  • http://www.theplantlist.org/browse/A/Asparagaceae/Sansevieria/
  • en.wikipedia.org/wiki/Sansevieria
  • commons.wikimedia.org/wiki/Category:Sansevieria

Baca artikel akan halnya tumbuhan dan alam lainnya:

  • Tanaman Penyerap Karbondioksida
  • Pohon Trembesi (Ki Hujan) Serap 28 Ton CO2
  • Kecubung N kepunyaan Khasiat Obat Bisa Jadi Racun
  • Bintaro (Cerbera manghas) Tumbuhan Penanaman yang Beripuh
  • Tuba, Pohon Peracun Iwak dan Insekta
  • Tanaman (Pokok kayu) Jarang Indonesia yang Terancam Punah

Ciri Ciri Lidah Mertua

Source: https://alamendah.org/2011/06/02/sansevieria-atau-lidah-mertua-tumbuhan-penyerap-racun/

Check Also

Jeruk Nipis Untuk Maag

Jeruk Nipis Untuk Maag. Sampai Erak Tiap Hari Tahan Guncangan! Wanita Ini Berbuah Sembuh dari …