Menanam Mentimun Di Musim Kemarau

Mentimun (Cucumis Savitus) merupkan riuk satu tanaman merambat dari batih timun-timunan (Cucurbitaceae). Sungguhpun tanaman timun bisa beradaptasi di semua jenis iklim dan musim, doang akan bertambah maksimal kalau cara menanam mentimun dilakukan saat tahun kemarau dengan pasokan sinar matahari mumbung.


Photo by: Instagram.com

Tahapan pendirian menanam mentimun yang baik dan benar

Perhatikan pula pasokan air, pastikan bisa tercurahkan dengan baik. Tanaman mentimun boleh tumbuh dengan baik plong ketinggian 1000 sampai 1200
mdpl. PH ideal bakal tanaman merambat satu ini, berkisar antara 6 setakat 7 dengan kondisi lahan tanah gembur berpasir.

Ancang tadinya kaidah menanam mentimun

Perisiapan lahan dalam mandu memakamkan mentimun

Keadaan pertama yang harus dilakukan dalam cara menanam mentimun adapal pengolahan lahan tanam. Lakukan pencucian lahan semenjak gulma serta rumput liar penggangu. Kemudian gemburkan tanah dengan cara dicangkul ataupun dibajak.

Buatlah bedengan dengan dimensi lebar 100 cm dan tataran 20-30 cm, serta panjang menyesuaikan kondisi kapling. berikan jarak antar bedengan antara 50 cm sampai 60cm. Sekiranya diperlukan kerjakan hidayah domolit, lalu biarkan petak tersebut selama rendah lebih suatu minggu.

Lalu taburkan pupuk kandang dengan dosis 10 samapai 15 sak tiap-tiap 400m2 lahan. Tambahkan pun pupuk TSP, ZA, dan kcl dengan atak 2:1:1. Lalu aduk sampai rata ataupun lekas tutup dengan tanah lakukan mencegah penguapan.

Selepas 10 hingga 15 musim, tutup bedengan menunggangi plastik mulsa, buatlah terowongan tanam dengan sengkang lingkaran selingkung 10cm dengan jarak ideal:

  • 50 x 50 maupun 50 x 60 (saat musim kemarau)
  • 60 x 70 atau 70 x 70 (saat masa hujan)

Prinsip menanam mentimun:

Penanaman benih mentimun


Photo by: Instagram.com
Baca :   Gambar kai Bunga Cantik

  • Ancang berikutnya privat cara menanam mentimun adalah penyemaian benih, penyemaian mani mentimun boleh dilakukan dalam jambangan atau polybag berdimensi sekitar 6 x 8 cm. Masukan konsentrat mentimun kedalam pot, isi setiap pot dengan 1 biji sperma mentimun.
  • Benih mentimun dengan kualitas baik galibnya akan mulai berkecambah ketika menginjak usia 3 sampai 4 hari, dan setelah 10 hari benih telah siap dipindahkan ke lahan tanam.
  • Selain itu, pendirian mengetanahkan mentimun bisa kembali dengan cara menenam benih serta merta minus penyemaian. Caranya, berkubang semen mentimun memperalat air hangat cakar selama 1 sampai 2 jam. Peristiwa ini berniat sebaiknya mani mentimun lebih cepat berkecambah. Kemudian tanam mani mentimun kedalam lubang tanam, setiap lubang cukup diisi 1 benih mentimun.

Pemasangan lanjaran

Selanjutnya dalam cara menanam mentimun adalah pemuatan lanjaran atau ajir. Pemasangannya boleh langsung dilakukan setelah proses penghijauan selesai. Umumnya lanjaran terbuat berpangkal aur alias kayu, tali plastik, dan lawe.


Photo by: Instagram.com

Tancapkan lanjaran disisi jenazah pokok kayu mentimun, tetapi usahakan tidak mengganggu akar pokok kayu. Setiap batang dipasangi satu buah lanjaran.

Pelestarian tanam mentimun

Lakukan penyulaman setelah terlihat adanya semen mati, tidak bertaruk sempurna, invalid, alias dimakan serangga. Lakukan kembali penyiraman rutin untuk menjaga kondisi kelembaban kapling.

Cara menanam mentimun dahulu dipengaruhi maka dari itu pasokan air, karena tanaman mentimun dulu sensitif dengan kekeringan. Pertumbuhan pokok kayu mentimun akan terganggu jika kekurangan air, serta bisa menyebebkan buah bengkok / invalid, dan pokok kayu lebih cepat menua dan sirep. Namun jika kebutuhan air bisa terpenuhi dengan baik serta unsur hara dalam tanah tercukupi, maka mentimun akan mengasilkan buah yang baplang serta berumur panjang.

Baca :   Cara Menghilangkan Noda Tinta Pulpen

Photo by: Instagram.com

Pasca- memasuki arwah 2 ahad sesudah tahun tanam, lakukan pemupukan susulan dengan tektik kocor. Takaran pemupukan yakni 2kg/1000 tanaman memakai cendawan NPK. Kemudian untuk fertilisasi rutin setiap 1 minggu sekali. Lakukan pemupukan ini secara terus menerus setakat tumbuhan berumur 50 hari. Namun jika tumbuhan masiih terlihat segar dan pentil masih lebat, perabukan boleh diteruskan.

Pengendalian hama dan penyakit

Semoga mandu menanam mentimun dapat berbuah dan berbuntut banyak, hal lain nan harus di perhatikan merupakan pengendalian hama dan ki aib yang bisa menghambat pertumbuhan mentimun.

a. Hama yang biasa mencamkan mentimun antara tak:

  • Oteng-oteng: yaitu penggerek patera yang biasa memakan daun muda.
  • Ulat mago: hama ulat biasanya menyerang patera serta batang dengan pendirian memakannya.
  • Bekicot: hama ini habis suka menyerang tanaman cukup umur dengan memakan batang dan daun muda.
  • Aphids: variasi kutu daun yang n kepunyaan rona hijau, menyerang daun dengan pendirian menghisap cairannya.
  • Lalat buah: umumnya memaki biji kemaluan dengan menyemprotkan telur kedalam daging biji pelir yang bisa mengakibatkan buah mereput.

Hama tersebut disa dicegah dengan cara menyemprotkan cairan insektisida.


Photo by: Instagram.com

b. Penyakit yang legal menyerang mentimun antara enggak:

  • Antraknosa
  • Rusak daun
  • Noda daun
  • Busuk biji zakar
  • Penyakit Mozaik (mozaik virus)

Penyakit tersebut diasanya disebabkan oleh jamur serta dapat dicegah dengan penyemprotan funsioda.

Proses pengetaman mentimun

Cara menyelamatkan mentimun yang berhasil bisa ditandai dengan hasil panen nan didapat, biji pelir mentimun biasanya telah bisa dipanen saat usia 35 sampai 40 hari sehabis masa tanam. Buah yansiap panen memiliki berat ideal sekitar 250 gram.


Photo by: Instagram.com

Lakukan pemanenan setiap hari. Sekiranya cara menguburkan mentimun dilakukan dengan teknik yang benar, tanaman mentimun disa dipanen sebanyak 25 hingga 30 kali sejak periode tanam.

Baca :   Teknik Budidaya Tanaman Pangan

Sepatutnya pemanenan dilakukan lega pagi maupun petang waktu, agar buah nan dipetik bisa terjaga kesegarannya. Lakukan penyaringan dan kumpulkan mentimun dalam karung jute kerjakan dipasarkan.

Itulah cara menanam mentimun, bagaimana mudah tak? Selamat mencoba.

iklan

Menanam Mentimun Di Musim Kemarau

Source: https://sahabattani75.blogspot.com/2017/10/cara-menanam-mentimun-agar-berbuah.html

Check Also

Cara Mengobati Suami Yang Terkena Sihir

Cara Mengobati Suami Yang Terkena Sihir. Cara Mengobati Suami yang Terkena Sihir Pembenci alias Sihir …