Sayuran Yang Dimanfaatkan Bunganya



Manfaat brokoli bagi kesehatan mungkin sudah banyak yang senggang, tapi mengenal kandungan gizi brokoli secara mendalam, kelihatannya bukan banyak yang tahu. Merupakan fakta bahwa merupakan mata air yang sangat makmur nutrisi nabati, dan yang membantu privat melindungi dari kanker prostat dan risiko stroke. Brokoli yakni sayuran yang dimanfaatkan bunganya, bunga brokoli bercat bau kencur mempunyai kandungan nutrisi berfaedah dan unik. Brokoli (Brassica oleracea) punya fungsi dalam pencegahan bervariasi masalah, dan merupakan bahan yang baik bakal kesegaran. Botanikal brokoli adalah hasil mulai sejak silangan (Brassica) keluarga sayuran,  teragendakan kembang kubis, kubis, arugula, dan lain-lain.


Brokoli ialah tanaman yang tumbuh baik didaerah dingin, dan membutuhkan tanah nan baik, subur dan kering. Tumbuhan dewasa merecup seputar 4-10 dim, anakan pembesar berwarna hijau gelap ke ungu an(tersampir jenis). Tangkainya tebal dan bermatra sekitar 6-10 inci . Tangkai dan majikan bunga yang berdaging bisa dimakan. Brokoli adalah salah satu
jenis sayuran sehat yang suntuk signifikan
 untuk kesehatan.



Kemujaraban brokoli bagi kesegaran



Kurang Kalori


Brokoli merupakan keseleo satu sayuran yang punya  kalori yang terlampau sedikit, yaitu hanya 34 kalori masing-masing 100 g. Namun demikian, brokoli kaya kawul, mineral, nutrisi, dan anti-oksidan, nan terbukti banyak penting untuk kesehatan. Keistimewaan total antioksidan diukur berasal segi kapasitas penghirupan okseigen drastis oksigen (ORAC) ,dan pada brokoli perbandingannya adalah 1632 umol TE/100 g.



Brokoli memiliki sifat antikanker



Brokoli yang masih segar adalah gudang  nutrisi nabati begitu juga tiosianat, indoles, sulforaphane, isothiocyanate dan flavonoid seperti beta-karoten cryptoxanthin, lutein, dan zea-xanthin. Investigasi telah menunjukkan bahwa,  senyawa ini memasrahkan sinyal positif dengan memodifikasi pada tingkat reseptor molekul membantu mencagar kita semenjak beraneka rupa jenis kanker, sebagai halnya  prostat, kolon, kandung kemih, pankreas, dan tumor ganas pay*d ara.

Baca :   Cara Menghitung Populasi Tanaman



Brokoli ki berjebah zat laksana antioksidan alami yang kuat



Brokoli lampau populer akan sumber nan kaya vitamin C. Brokoli mengandung 89,2 mg atau sekitar 150% sendirisendiri 100 g (RDA). Vitamin-C merupakan antagonistis-oksidan dan modulatorkekebalan tubuh alami nan abadi, berguna membantu bikin melawan virus penyebab flu.



Mengandung zat makanan A bikin kesehatan netra



Selain  mengandung antioksidan alami dari gizi C , sendang antioksidan enggak berasal kepala brokoli adalah vitamin-A. 100 g Brokoli segar mengandung Vitamin A 623 IU, atau 21% dari tingkat kebutuhan harian yang direkomendasikan. Pro-gizi lainnya lega brokoli seperti mana beta-karoten, alfa-karoten, dan zea-xanthin, berguna bikin membantu menjaga integritas selerang dan selaput rahak. Vitamin A penting untuk kesehatan indra penglihatan, dan akan membantu mencegah degenerasi makula puas retina sreg lanjut usia.


Daun Brokoli (pucuk hijau) merupakan sumur karotenoid dan vitamin A; (16000 IU vitamin A per 100 g) ,  senyawa ini makin banyak beberapa boleh jadi berpangkal nan di anakan.



Brokoli Sumur folat yang baik



Brokoli segar ialah sumber folat nan lampau baik , mengandung sekitar 63 μg/100 g (sebesar 16% dari RDA). Dari penyelidikan telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi sayuran segar dan buah-buahan yang kaya folat selama sebalum, dan kehamilan bisa membantu mencegah kurang tabung saraf puas orok.



Brokoli mewah nutrisi K



Rente brokoli ialah mata air nan berbenda vitamin-K, dan  kelompok vitamin  B-kompleks , sama dengan niacin (vit B-3), cemberut pantotenat (vit.B-5), piridoksin (vit.B-6),
nutrisi B-12
, dan riboflavin. Bunga brokoli  juga mengandung cemberut legit omega-3 selain lauk.


Sendang mineral yang baik


Brokoli lagi merupakan sumber mineral yang baik, seperti kalsium, mangan, zat ferum,
magnesium
, selenium, zinc dan fosfor.


Kandungan gizi brokoli secara bertambah lengkap



Brokoli (Brassica oleracea) mentah afiat. Ponten gizi per 100 g

(Sumber: USDA – National Nutrient data base )


Energi 34 Kcal 1,5%
Karbohidrat 6.64 g 5%
Zat putih telur 2.82 g 5%
Total Mak-nyus 0.37 g 1%
Kolesterol 0 mg 0%
Diet Serabut 2.60 g 7%
Vitamin

Folat 63 mg 16%
Niacin 0.639 mg 4%
Senderut pantotenat 0,573 mg 12%
Pyridoxine 0.175 mg 13%
Riboflavin 0,117 mg 9%
Thiamin 0,071 mg 6%
Zat makanan A 623 IU 21%
Vitamin C 89,2 mg 149%
Zat makanan E 0,17 mg 1,5%
Vitamin K 101,6 mg 85%



Elektrolit

Sodium 33 mg 2%
Kalium 316 mg 7%
Bahan galian
Kalsium 47 mg 5%
Tembaga 0.049 mg 5,5%
Logam 0,73 mg 9%
Magnesium 21 mg 5%
Mangan 0.210 mg 9%
Selenium 2,5 mg 5%
Zinc 0.41 mg 4%
Phyto-gizi
Karoten-ß 361 mg –
Crypto-xanthin-ß 1 mg –
Lutein-zeaxanthin 1403 ug –

Baca :   Mimpi Pakai Sepatu Baru



Seleksi dan penyimpanan



Brokoli segera dapat diperoleh sepanjang masa. Diskriminatif sekadar anakan brokoli nan segar, semarak, dan bertekstur gemuk. Jangan membeli brokoli nan bertambah matang,  ditandai dengan daun  kuncup nan berwarna asfar, jumlah cabang berlebihan dan dengan mayat yang berongga. Sayangnya brokoli adalah sayuran yang sangat disukai ulat dan serangga enggak, sehingga intern perawatan umumnya banyak memerlukan racun hama. Jadi Bila mungkin, dapatkan brokoli di toko sayuran organik untuk mendapatkan arti kesehatan yang maksimal.



Mengolah brokoli



Jika sira akan mengolah brokoli, bilas majikan anak uang dengan menutulkan terbalik internal air garam , dan direndam sejauh 30 menit .Kemudian bersihkan brokoli dengan air adem yang mengalir, untuk menghilangkan kotoran mulai sejak pestisida dan kot*ran bukan. Pendirian membasuh sayuran tadi boleh anda terapkan juga terhadap jenis sayuran yang lain.


Bila kelihatannya, mengonsumsi brokoli buat mendapat habuan keistimewaan yang baik adalah puas saat masih segar. Jika tidak, anda dapat menyimpan brokoli plong lemari pendingin, dan dibungkus dengan kantong agar tetap baik untuk beberapa hari.


Daging pemimpin bunga, kunarpa dan patera brokoli bisa dimakan, putaran yang minimal lezat dari brokoli adalah Kunarpa dan daun anakan yang tebal.


Kepala brokoli yang mudan dan kecil-kecil dapat dimakan plonco,  atau digunakan bak salad.


Bisa kembali brokoli ditumis dengan sayuran lain, sama dengan kedelai-kacangan dan daging ayam jago, yang menggunakan bumbu legit seperti saus, bawang minyak, lombok, dan bawang jati.


Vitamin yang terkandung n domestik brokoli seperti folat, vitamin dan beberapa zat berlawanan-kanker puas brokoli sensistif memberahikan. Mereka akan hilang seandainya dimasak dengan air yang medidih terlalu lama. Bintang sartan brokoli dapat dimasak dengan direbus, atau ditumis seketul matang.

Baca :   Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan Dengan Kopi



Sekuritas samping



Seperti anggota lain dari keluarga cruciferous, brokoli mengandung “goitrogens” yang dapat menyebabkan pembengkakan pada kelenjar tiroid. Untuk itu, hamba allah nan bermasalah dengan disfungsi tiroid sebaiknya konsultasi dengan dukun, kendati mendapatkan asupan yang sesuai. Selain tu, brokoli boleh dikonsumsi bebas bagi orang nan sehat. []




Sumber:http://www.tipscaramanfaat.com


Sayuran Yang Dimanfaatkan Bunganya

Source: https://dispertan.bantenprov.go.id/lama/read/artikel/811/Kandungan-dan-Manfaat-Brokoli-bagi-Kesehatan.html

Check Also

Jeruk Nipis Untuk Maag

Jeruk Nipis Untuk Maag. Sampai Erak Tiap Hari Tahan Guncangan! Wanita Ini Berbuah Sembuh dari …