Umur Tanaman Tomat Sampai Panen

Umur Tanaman Tomat Sampai Panen.

Jakarta

Urban farming atau tani di tengah kota masa ini sedang tren usai dilakukannya pemberlakuan aturan social distancing, Bunda. Untuk itu enggak ada salahnya kita coba bertanam semenjak flat. Salah suatu pohon yang terbilang pas mudah adalah tomat.

Mengutip dari laman sahih
Cybex Kementan RI, mandu menguburkan tomat di pot atau polybag menggunakan biji terbilang patut mudah, Bunda. Ya, sekadar dibutuhkan musim 3 bulan saja Bunda juga sudah bisa memanen tomat nan ditanam.

Sebagaimana yang kita ketahui,tomat merupakan riuk satu jenis tanaman sayuran ini populer dengan lambung nutrisinya nan melimpah. Selain itu, tomat dapat tergarap menjadi berbagai variasi masakan, mulai berusul jus, saus, pelengkap bernafsu asem, dan masih banyak kembali.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selain dibuat sebagai masakan, ternyata tomat juga mempunyai khasiat yang bagus untuk merawat selerang tampang, lho. Macam tomat koteng pun dahulu berbagai, mulai dari tomat sayur, tomat buah, tomat ceri, dan banyak lagi.

Nah, jika Bunda tertarik bagi membudidayakan tomat di flat, berikut tips memakamkan tomat di apartemen:

1. Menyiapkan pot atau polibag

Menurut PPL WKPP Talang Lindung Aidil Adha,A.Md, karena Bunda ingin menanam tomat pada jambangan atau polibag, maka ketersediaan pot ataupun polibag menjadi suatu keharusan. Bakal ukuran jambangan atau polibag dapat disesuaikan dengan kebutuhan ya.

2. Menyiapkan wahana tanam

Bagi bisa mengebumikan tomat di vas atau polibag, maka Bunda perlu menyiapkan sarana tanam yang tepat. Media tanam bisa dibuat dari kombinasi tanah, arang sekam, dan kompos dengan perbandingan 2:1:1.

“Alat angkut tanam tomat boleh dibuat beberapa musim sebelum ditanami agar mineral kerumahtanggaan pupuk hijau dapat menyatu dengan persil. Upayakan media tanam memiliki pH 5.5 – 7, serta memiliki tingkat kesuburan yang tinggi agar pertumbuhan tomat tidak terhambat,” tulis Aidil.

Baca :   Karton Bekas Tisu Gulung Termasuk Bahan

3. Melembarkan benih tomat

Untuk mendapatkan tanaman tomat yang afiat dan menghasilkan buah yang banyak, maka Bunda harus responsif nih memilih benih unggulan. Caranya Bunda teradat menentukan lebih lagi dahulu macam tomat barang apa yang hendak ditanam.

Setelah itu Bunda dapat membeli benih tomat yang masih aktual kredit tomat yang kemudian bisa Bunda semaikan koteng di flat. Beli benih tomat saat ini bisa dilakukan di e-commerce.

Tanaman tomat/ Foto: Getty Images/iStockphoto/druvo

4. Menyemai benih tomat

Selepas Bunda mendapatkan mani tomat, semaikan benih tersebut pada alat angkut semai nan boleh terdiri dari bedengan-bedengan. Usahakan meletakkan alat angkut semai sreg panggung nan tidak terkena kilauan mentari dan hujan abu secara langsung.

Curah wahana semai secara koheren agar tetap n domestik kondisi lembap. Dengan demikian, benih akan cepat tumbuh. Setelah bibit berusia 14 hari, maka Bunda dapat memberikan pupuk buat merangsang pertumbuhan bibit.

“Jamur yang digunakan boleh positif pupuk kompos, atau pupuk sintetis industri. Sari tomat ini plonco siap ditanam saat usianya sudah mencecah 1 bulan,” papar Aidil.

5. Proses penanaman dan perawatan tanaman tomat

Sesudah tahap persiapan selesai, Bunda dapat langsung memakamkan tomat sreg alat angkut tanam yang telah dimasukkan plong jambangan atau polibag. Pendirian pencabutan pati dari media semai terbiasa dilakukan secara perlahan agar akar pati tomat tidak teriris, jika teradat sirami dulu tanah pada media semai agar bibit mudah dicabut.

Jika Bunda menggunakan sarana semaian berupa polibag boncel, maka dapat mengerobak polibag tersebut untuk boleh ditanam pada pot atau polybag yang ukurannya lebih besar. Selanjutnya persil yang digunakan ibarat kendaraan semai bisa ikut ditanam pada vas atau polybag yang baru.

Baca :   Bahasa Inggris Abc Sampai Z

Setelah bibit tomat dipindahkan, Bunda perlu memasrahkan perlindungan teratur cak bagi menjaga tumbuh kembang tomat tersebut. Lakukan beberapa hari pertama, Bunda perlu melakukan penyiraman rutin guna menyingkir kekurangan air pada pokok kayu tomat.

Sementara setelah itu tomat relatif tidak membutuhkan banyak air sehingga Bunda cukup melakukan penyiraman 2 hari sekali saja. Bunda juga teradat memberikan tongkat atau kayu penyangga untuk tomat semoga dapat bertaruk secara tegak.

“Upayakan bikin rutin memangkas taruk baru nan bersemi mudahmudahan proses penyerbukan tomat semakin cepat,” tambah Aidil.

Jangan lupa, Bunda perlu memberikan pelengkap nutrisi untuk tanaman tomat dengan serat kompos yang dapat diberikan sreg musim suatu minggu setelah evakuasi pati. Setiap botol maupun polibag, Bunda cukup memberi sekeliling satu genggam sekadar.

Seandainya tanaman tomat terserang kebobrokan, segeralah bakal mencabutnya dan membuangnya agar tidak sampai menulari pohon tomat lainnya. Jika memang sangat urgen, Bunda dapat memberikan pestisida alami bagi mengatasi penyakit yang menyerang tomat.

6. Masa pengetaman

Periode panen tomat terbilang layak cepat, sebab dalam jangka periode tak hingga 100 hari sudah dapat memanen tomat-tomat nan ditanam. Ciri nan merepresentasi tomat siap dipanen adalah perubahan warnanya yang awalnya baru menjadi terka kekuning-kuningan.

“Namun namun pemanenan tomat enggak dapat dilakukan secara sekaligus karena kemunculan biji kemaluan tomat pun tidak dalam waktu yang bersamaan,” prolog Aidil.

Simak juga uang pelicin mengipuk tomat langsung di kebun melalui video berikut:

[Oyong:Video Haibunda]

(aci/kili)







Umur Tanaman Tomat Sampai Panen

Source: https://www.haibunda.com/moms-life/20200522135659-76-142300/tips-menanam-tomat-di-rumah-3-bulan-sudah-panen-lho

Check Also

Cara Mengobati Suami Yang Terkena Sihir

Cara Mengobati Suami Yang Terkena Sihir. Cara Mengobati Suami yang Terkena Sihir Pembenci alias Sihir …